Berita Nasional dan Politik

Jawaban Tegas Jokowi Atas Kritikan JK

dok: setkab.go.id

Sriwijayatimes.id, Jakarta – Baru-baru ini Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) meminta kepada pemerintah untuk menerapkan lockdown di tanah air. Ia beralasan bahwa perpanjangan PPKM tidak efektif untuk menuntaskan pandemi Covid-19.

Namun pernyataan JK nampaknya tak sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini. Bahkan Presiden Jokowi sudah menegaskan bahwa dirinya tak akan menerapkan lockdown di Indonesia.

Menurutnya, semi-lockdown saja sudah berdampak signifikan terhadap masyarakat, apa jadinya kalau Indonesia menerapkan lock down.

“Kemarin yang namanya PPKM darurat itu kan namanya semi-lockdown. Itu masih semi saja sudah, saya masuk ke kampung, saya masuk ke daerah, semuanya menjerit, minta untuk dibuka. Saya rasa Bapak-Ibu juga sama, mengalami yang sama,” ujarnya di Jakarta, melansir akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 30 Juli 2021.

Jokowi juga menilai lock down belum bisa menjadi jaminan pandemi di tanah air bisa segera berakhir. Hal ini bukan berarti Presiden mengabaikan aspek kesehatan masyarakat. Justru ia menegaskan bahwa aspek kesehatan dan ekonomi harus sama-sama dipertimbangkan dalam penanganan COVID-19

“Sekali lagi kita ini selalu yang kita jalankan sisi kesehatannya bisa kita tangani, tetapi sisi ekonominya juga pelan-pelan harus kita jalankan, nggak bisa kita tutup seperti negara lain, lockdown. Lockdown itu artinya ditutup total,” katanya.

(***/EW)

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
1
Share