Berita Nasional dan Politik

Raja Solo Mantan Menantu Bung Karno Tutup Usia

KGPAA Mangkoenagoro IX. (puromangkunegaran.com)

Solo – Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX atau sering disebut Mangkunegara IX wafat pada hari ini di Jakarta pada pukul 02.50 WIB, Jumat 13 Agustus 2021 dalam usia 70 tahun. Putra kedua Mangkunegara VIII itu pernah menjadi menantu Presiden Soekarno karena menikahi Sukmawati Soekarnoputri.

Dilansir dari detikcom, Plt Pengageng Kabupaten Mondropuro Pura Mangkunegaran Solo Supriyanto Waluyo mengungkap bahwa KGPAA Mangkunegara IX meninggal karena sakit.

“Beliau (Mangkunegara IX) meninggal gerah sepuh (sakit karena usia tua). Usianya 70 tahun. Punya riwayat sakit jantung,” ungkap Supriyanto saat dijumpai wartawan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (13/8/2021).

Saat ini jenazahnya sedang dalam perjalanan darat dibawa ke Solo untuk selanjutnya akan disemayamkan di Pura Mangkunegaran.

Diketahui Lelaki yang lahir di Surakarta pada tanggal 18 Agustus 1951 dan sering juga dipanggil Gusti Jiwo itu menikahi Sukmawati menjelang pertengahan 1970-an atau 16 September 1974. Saat itu sang paduka belum naik tahta dan Sukmawati baru berusia 23 tahun.

Dari perkawinan itu, hadirlah dua buah hati, satu laki-laki, satu perempuan. Namun memasuki tahun ke-10 perkawinan, sebelum Pangeran Jiwo naik tahta biduk rumah tangga mereka kandas.

Dua anak hasil penikahan mereka adalah Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, lahir 19 April 1975. Sedangkan yang kedua lahir seorang anak perempuan yang diberi nama Putri Agung Suniwati Sukmaputra, lahir 4 Agustus 1977.

(irz)

Total
24
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
24
Share